Sotoy Review : Klaim BPJS Ketenagakerjaan

December 22, 2018

Kasus pembunuhan pekerja istaka karya di puncak jaya awal desember 2018 ini membuka sebuah tabir tidak sedap. Para pekerjanya tidak terdaftar bpjs ketenagakerjaan sehingga BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa memberi santunan kepada korban meski mereka mengalami musibah saat bekerja.


BPJSK sendiri adalah  adalah program perlindungan untuk tenaga kerja dalam mengantisipasi resiko sosial ekonomi tertentu atau dengan kata lain asuransi sosial dari lembaga negara. Sebelumnya BPJSK lebih dikenal dengan nama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), namun pada tanggal 1 Januari 2014 berganti menjadi BPJS. Berdasarkan Undang-undang No. 3 Tahun 1992, program BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan kewajiban yang perlu dibayarkan dari pihak pemberi kerja (perusahaan) dan pekerjan.
BPJS Ketenagakerjaan melindungi pekerja dengan berbagai jaminan yang ditawarkan. Jaminan tersebut salah satunya termasuk adalah solusi persiapan masa depan untuk para pekerja di Indonesia yakni Jaminan Hari Tua (JHT). Selama kita masih bekerja, kita akan membayar BPJS Ketenagakerjaan dan sebagiannya akan ditabung untuk dana JHT. Kemudian ketika Anda berumur 56 tahun  maka JHT dapat dicairkan. Dulunya, JHT dapat dicairkan 100% antara jika Anda telah berumur 56 tahun, meninggal dunia, mengalami cacat total, pindah ke luar negeri ataupun mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saja. Namun kini dana Jaminan Hari Tua ini dapat dicairkan tidak hanya di kondisi tersebut saja, tetapi juga dalam bentuk persentase untuk persiapan dana pensiun ataupun untuk biaya perumahan.
Bulan September 2018 lalu saya mencairkan JHT BPJSK saya yag sudah tidak aktif lagi karena rencana pensiunan saya sekarang dikelola oleh Taspen karena menjadi PNS. Sebelum memproses pencairan, saya mencari informasi di internet dan menurut saya infromasi ini sangat komprehensif https://www.aturduit.com/articles/cara-klaim-bpjs-ketenagakerjaan-jaminan-hari-tua/amp/


Saya memutuskan untuk mengajukan klaim secara online, hal yang pertama harus dipastikan selain punya BPJSK adalah harus punya akun e-BPJSK. Kalo belum punya, tinggal Register saja, sangat gampang kalo gak salah.

Untuk klaim online, selain mengisi data, kita harus punya softcopy persyaratan yaitu:

  • Fotokopi Kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu asli
  • Fotokopi KTP atau paspor beserta aslinya
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) beserta aslinya
  • Fotokopi surat pengalaman kerja/ referensi kerja dari perusahaan (Paklaring) beserta aslinya
  • Buku rekening tabungan
tata caranya kurang lebih sama dengan informasi di https://www.aturduit.com/articles/cara-klaim-bpjs-ketenagakerjaan-jaminan-hari-tua/amp/

Kendati sudah melakukan klaim secara online, kita tetap harus mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan yang kita pilih untuk menyerahkan berbagai syarat atau dokumen yang diperlukan, baik fotokopi maupun yang aslinya.

Setelah semua proses online selesei dengan dikirimnya lembar konfirmasi, kita tinggal menunggu hari yang untuk datang ke kantor bpjsk yang sudah kita pilih juga.
Hari H


Di formulir online saya melilih untuk datang ke kantor pada tanggal 18 September. namun karena pada minggu tersebut saya akan dinas ke luar kota, maka saya beranikan diri untuk datang pada jumat 14 September ke kantor bpjsk yang saya pilih, kantor bpsjk kebon sirih.


Sampai di kantornya pukul 8.30, saya ditanyai oleh petugas keamanan tentang maksud dan tujuan agar diambilkan nomor antrian yang sesuai dengan keperluan. menurut sang petugas saya tidak bisa berkunjung hari ini karena nama saya tidak ada di sistem. Namun setelah saya menjelaskan alasannya, saya disarankan bertemu dengan Petugas Informasi. Saya diambilkan nomor urut dan kemudian antre 2 nasabah di depan saya.

antree pelayanan informasi
Setelah menunggu 15 menit, nomor anteran saya akhirnya dipanggil juga. Setelah diskusi dan menyampaikan permohonan saya, Pak Petugas menanyakan apakah saya membawa semua kelengkapan, saya jawab iya. akhirnya beliau memberikan approval kepada saya untuk mengurus hari ini, lebih cepat 3 hari dari jadwal.

catatan: di online sebenarnya disebutkan setelah 7 hari kerja dapat ke kantor, namun kita harus tetap memilih hari kunjungan dan hanya datang pada jari kunjungan.

setelah mendapat approval dari Petugas Informasi, saya disuruh ke Petugas Keamanan untuk mendapat nomor antrian pemcairan hari ini.

mesin antrean
Setelah mendapat nomor antriam, Saya diarahkan untuk kembali mengisi formulir. formulir yang datanya sudah saya isi secara online.

isi formulir lagi
Algoritma antriannya saya rasa berbeda dengan antrean di bank. Selain kode yang berbeda dilayani oleh petugas yang sama, seingat saya, antrian untuk ibu hamil dan membawa balita juga didahulukan, begitu juga petugas perusahaan yang membawa banyak berkas. saya yakin petugas CS tidak hanya melayani masalah penarikan jht saja, tetapi juga pembayaran dan lain-lainnya.

Fast track CS
Di kantor kebon sirih sebenarnya ada 3 konter cs, namun hanya bisa beroperasi 2 saja karena sedang ada perbaikan infrastruktur jaringan internet di sekitar jalan kebon sirih yang menyebabkan kapasitas internetnya menjadi turun drastis, kata Ibu Bagian rumah tangga kantor BPJSK kebon sirih kepada saya ketika beliau sehabis diinterview oleh survoyer.

saya mendapat nomor antrean A19 dan mulai mengantri sejam jam 9.30. satu antrian menghabiskan waktu paling cepat 5 menit dan paling lama bisa 45 menit. Sangat tergantung dengan kasus masing masing.


ngentree
Nomor antiran saya baru dipanggil pukul 14.40. Datang ke konter dan menyampaikan maksud dan tujuan saya, mbak cs menyampaikan sekarang buat waktu saya. namun dengan sedikit mengiba saya menyampaikan bahwa telah mendapat izin dari Petugas Informasi atas uzur saya di jadwal yang saya pilih di aplikasi.

Mbak CS memeriksa semua dokumen saya dan menyampaikan bahwa sudah lengkap kecuali 1 item yaitu draft perjanjian probation karena BPJSK saya udah dibayar oleh kantor sejak saya masih "di coba", terima kasih DECI.

Mbak CS nya memberi keringanan untuk dapat mengemailkan saja scan perjanjian tersebut, tanpa perlu datang dan antri lagi. Dia berjanji 100% jht saya akan di transfer ke rekening yang di daftarkan maksimal 5 hari kerja sejak berkas kekurangan di email. Dan Alhamdulillah JHT saya cair 3 hari kerja saja sejak saya emailkan kekurangan tersebut.


Secara keseluruah sudah ok, terlebih sistem online nya. yang sedikit mengganggu harus isi formolulir yang sama denngan yang diisi online.


kantornya juga ramah anak kecil dan nyaman, penyusunan kursi dan materi bacaannya juga bagus. Juga disediakan juga free coffe dan teh untuk penghilang kantung. Say yang kurang menurut saya adalah jumlah colokan yang terbatas.


Free coffee and tee

Not Bad, Lah..


No comments:

Powered by Blogger.