Sotoy Review : Haji Agus Salim, Diplomat Jenaka Penopang Republik oleh Tim Buku Tempo

November 08, 2020

 

Agus Salim: Diplomat Jenaka Penopang RepublikAgus Salim: Diplomat Jenaka Penopang Republik by Tim Buku TEMPO
My rating: 5 of 5 stars

kalau tidak salah, buku tentang sejarah dan perjuangan tentang Haji Agus Salim cukup banyak meski pastinya tidak sebanyak Bung Hatta dan Bung Karno. Buku dari Tempo pada seri Buku Bapak Bangsa ini salah satu yang paling menarik dan komprehensif menurut saya.

Salah satu yang sangat saya sukai dari seri buku Bapak Bangsa dari Tempo ini adalah covernya yang minimalis tapi moderen. Penulisannya dilengkapi dengan sumber yang terpercaya dengan riset yang mendalam khas Tempo.

Cerita tentang profil pribadi dan jalan perjuangan Haji Agus Salim dijelaskan dengan detail dibuku ini. Kata Mas Arif Zulkifli, Redaktur Eksekutif Majalah Tempo di bagian pengantar buku ini, porsi humanis tokoh yaitu Haji Agus Salim ditambah jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh dari seri ini seperti Tan Malaka dan Douwes Dekker.

Banyak cerita tentang Haji Agus Salim yang baru saya baca dari buku ini selain cerita terkenal The Grand Old Man, seperti cerita Kretek Haji Agus Salim di Inggris atau cerita forum yang dipenuhi kambing, ada juga cerita tentang Haji Agus Salim jadi pengajar di Amerika Serikat. Banyak sekali informasi baru yang sangat menambah khasanah ilmu sejarah kita. Beberapa infromasi dari buku ini juga saya jadikan bahan untuk nulis Cerita Fiksi.

Photo-photo yang jarang kita lihat tentang Haji Agus Salim juga banyak disini.

Seri Tempo Bapak Bangsa ini memang sangat cocok untuk dibaca dan dikoleksi.

View all my reviews

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.