15 Hari Cerita Energi

November 04, 2020

Meski sering gagal dan tidak pernah menang, saya sangat suka ikut lomba menulis di blog dan esay apalagi jika temanya yang saya mengerti dan relate gitu sama kehidupan. Karna kalau gak menang pun gak bakal rugi karena tulisannya jadi bisa dipajang disini.


Contoh tulisan hasil lomba yang gak menang itu tulisan dibawah ini nih,

 

PNS Analis Kebijakan di tahun 2030 - Lomba AparatMuda.id
 
Nonton Show Bang Pandji Langsung Lebih Seru Dari Pada Nonton Digital Download ? - Balasdi18 nya Bang Pandji

Selamatkan Bumi bersama LRT Jakarta - Lomba menulisnya LRTJ

Jangan Takut Berbagi - Lomba blognya Dompet Duafa


Saya tidak yakin berapa jumlah lomba menulis blog atau esay yang telah saya ikuti, tapi beberapa ada yang sangat membekas sampai saat ini. Salah satunya lomba "15 Hari Cerita Energi" yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM dan Badan Energy Dunia di 2017 yang lalu. Hadiahnya gak tanggung-tanggung gaes, liburan ke Paris. Bukan Pariaman Sekitar apalagi Prapatan Ciamis, tapi beneran Paris ibu kota Prancis. Karena eh karena, Markas Badan Energy Dunia IEA itu adanya disana jadi pemenangnya diundang main ke kantor pusat IEA itu. Lumayan banget kaan...



Dan seperti biasa, saya gak menang, masuk 10 besar pun gak. Tapi kenapa ini berkesan? ya karena harus nulis blog dengan tema energi selama lima belas hari beruturut-turut dengan batas waktu publish jam 8 malam dan dishare ke berbagai sosial media. Otak gak hanya diajak main untuk mencari ide tulisannya tapi juga harus rajin sharing tulisan dan submit laporannya. 


Yang jadi lebih berkesan, selama lomba saya tetap bekerja seperti biasa dan tetap dinas keluar kota juga. Pernah di salah satu malamnya, saya ditugaskan menjemput pimpinan kami di Bandara Ngurah Rai Bali. Karena deadline malam harinya, saya terpaksa tetap menulis, share ke medsos, dan submit sembari ngemper di Bandara. Saya masih terasa gimana capeknya nulis 15 hari berturut tersebut. Menulisnya sih gak teralalu capek, risetnya yang bikin pegel.


Meski gak menang, saya cukup banggalah bisa bertahan menulis tentang energi 15 hari berturut-turut. Kalo kata Kementerian ESDM di situsnya, "Dari 112 pendaftar, hanya 28 peserta yang konsisten terus bercerita selama 15 hari. Salut!", dan alamat blog ridhoarisyadi.wordpress.com terpampang disitu. Alhamdulillah.


Sembari bersih-besih blog ridhoarisyadi.wordpress.com, saya mau mengabadikan ke 15+1 tulisan tersebut di sini. Biar ada kenangannya juga. Btw+1 nya adalah epilog dari lomba ini, satunya-satunya tulisan tanpa riset di seri tersebut.



Semoga bisa bikin tulisan seri lagi suatu saat nanti di blog ini,

Nuhunn


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.