PNS Analis Kebijakan di tahun 2030

Juni 15, 2020

Pada dasarnya, bekerja sebagai aparatur negara adalah mengabdi kepada masyarakat. Namun jenis pengabdian yang dijalankan oleh aparatur berbeda-beda sesuai tugas dan fungsi serta keahlian masing-masing. Ada yang melayani masyarakat yang sakit di puskesmas sebagai dokter, ada yang mendidik calon pemimpin masa depan dengan menjadi guru, ada yang melayani kebutuhan administrasi masyarakat seperti KTP di kantor pendudukan dan catatan sipil. Namun ada juga aparatur yang tidak langsung berhubungan dengan masyarakat seperti analis kebijakan.


Analis Kebijakan adalah salah satu nama jabatan pada rumpun jabatan tertentu yang ada di negara kita saat ini. Ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang Analis Kebijakan adalah melaksanakan kajian dan analisis kebijakan dalam lingkungan instansi Pusat dan Daerah. Dari pekerjaan yang dilakukannya, jelas sekali bahwa Analis Kebijakan tidak akan melayani masyarakat secara langsung namun melayani dengan kebijakan bermanfaat yang dikeluarkan oleh tempat instansi Analis Kebijakan bernaung sebagai hasil analisis dan kajian yang dilakukan Analis Kebijakan sebelumnya.


Bekerja sebagai Analis Kebijakan mungkin mirip dengan keseharian pekerja swasta lainnya, sebagai contoh analis di Bank mungkin. Pergi ke kantor di pagi hari, presensi sebelum mesin absen menunjukan angka 08.00, mengerjakan tugas analisis dari atasan, mengerjakan tugas lainnya, lalu presensi pulang 16.00 walau ini jarang terjadi. Sesekali dinas keluar kantor untuk mengikuti rapat di instansi lain atau hanya sekedar mendampingi atasan pada rapat tersebut. Terdengar sedikit membosankan walaupun tidak sepenuhnya benar.


Banyak hal yang akan berubah 10 tahun mendatang terutama dalam pola kerja, Pandemi Covid-19 ini telah membuktikannya. Kira-kira, bagaimana cara kerja seorang aparutur sipil negara dengan jabatan analis kebijakan pada 2030 nanti?


simak tulisan saya di aparaturmuda.id berikut..

Analis Kebijakan Menyusun Kertas Kebijakan Dari Café

Tulisan ini dalam rangka lomba sih gaes, jadi kalo berkenan tolong like tulisan sa di aparuturmuda.id itu ya..

Nuhun


Sumber gambar : freepik.com



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.