Pengalaman Daftar Singapore Cooperation Program 2022

September 18, 2022
Selamat datang para pemburu short-course dan training gratisan. heheheh.


Tanpa basa-basi, langsung saja ya. Kali ini saya cerita pengalaman daftar dan ikutan training dari Singapore Cooperation Program atau yang sering disingkat SCP.


SCP ini mirip kayak Australian Award Indonesia atau ITEC nya India kali ya. Mereka mengadakan training yang area dan tipe trainingnya berbeda-beda. Target partisipannya sih kayaknya profesional atau government officer gitu. Nah SCP ini adalah training yang disediain sama Pemerintah Singapura. 

"In 1992, the Singapore Cooperation Programme (SCP) was established to bring together under one framework the various technical assistance programmes offered by Singapore. Through the SCP, the range and number of training programmes were increased to share Singapore’s development experience with other developing countries. Working with more than 50 local and international partners, we have shared our development experiences with over 137,000 government officials from 180 countries, territories and intergovernmental organisations. The SCP is managed by the Technical Cooperation Directorate of the Ministry of Foreign Affairs, Singapore"


Untuk SCP, topiknya beragam cuy. Dari Public Health, Digitalisation, Sustainibility, connectivity, dan banyak lagi. Kalau mau tau daftar training yang diadakan sama SCP, bisa lihat katalog mereka di link ini gaes. Beberapa training mereka saat ini bentuknya online dan beberapa off-line di Singapura. Jadi kalau tertarik sama judul trainingnya, jangan lupa baca dengan seksama semua arahannya karena daftar SCP ini sedikit beda dengan AAI.


Di halaman pilihan trainingnya, disebutkan langkah proses pendaftarannya. Ada 3 tahap yaitu Invitation, Application, dan Confirmation. Yes betul, invitation. Langkah ini yang menjadi perbedaan dengan AAI tadi. Jadi SCP katanya akan "will be conveyed to eligible countries/territories/intergovernmental organisations about eight to twelve weeks prior to the commencement of a course. You can also find more information about courses under the SCP on this Website". Kalau di Indonesia, kalo tidak salah, suratnya itu dikirim ke Biro Kerjasama Teknis Luar Negeri (KTLN) Kementerian Sekretariat Negara. Sebenarnya, saya juga tidak terlalu familiar dengan SCP ini sampai mendapat disposisi surat dari atasan tentang surat dari Biro KTLN soal training SCP yang mereka buka pada 2022 ini.


Waktu mendapat disposisi itu, saya langsung saja mendaftar di training Smart Cities Green Building Programme di website SCP. Proses ini mirip sama training dan short-course lainnya. Isian serta essaynya pun terbilang lebih simple dibanding AAI. Di formulir itu kita diminta masukin email atasan yang akan ngasih rekomendasi, jadi rekomendasinya bakal diisikan oleh atasan melalui link yang akan diemail SCP, bukan pakai surat. Nanti SCP akan mereviu aplikasi kita dan minta endorsment dari Biro KTLN.


Titik ini menjadi sangat krusial dan mungkin situasinya berbeda antara satu instansi dengan lainnya. Di tempat saya kerja, ketika Biro SDM kami dapat surat dari KTLN soal endorsement SCP tersebut, mereka menghubungi saya dan meminta saya mengurus administrasi yang dibutuhkan untuk rekomendasi dari Biro SDM ke Biro KTLN. Alhamdillah syaratnya juga tidak terlalu susah dan standar birokrasi lah ya. Mulai dari ND usulan lanjut berjengan pakai surat, dst dst.


Alhamdulillah, berkat izin Allah Subhanahu Wa Ta'la dan doa keluarga, serta pertolongan dari banyak pihak di kantor, saya sampai ke tahap 3, confirmation. Alhamdulillah, daftar di bulan awal juni 2022, saya dapat konfirmasi di akhir juli 2022, dan berangkat training ke singapura di akhir Agustus 2022.


Lalu, sebagus apa trainingnya? apa aja yang saya dapat? kalau di webnya, dibilang seperti ini.

This award typically covers: -Course Fees -Daily Transfers -Airfares -Accommodation -Per Diem -Insurance

Dan alhamdulillah lumayan banget gaes. hehehe. Insya Allah akan dilanjutkan ceritanya. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.