Sotoy Review: Ayah dan Sirkus Pohon by Andrea Hirata

Juli 14, 2020

Ayah Dan Sirkus Pohon
My rating: 3 of 5 stars

Buku yang tipis jika dibandingkan buku-buku karangan Andrea Hirata lainnya, bahkan 30 halaman terkahir dari buku berisi gambar dan daftar buku Andrea Hirata yang didistribusikan di luar negeri.


hobirin, Sabari, Marlena, dan Abidun adalah empat dari banyak tokoh yang bermain peran pada cerita yang tidak terlalu panjang ini. Sirkus Pohon sendiri adalah rombongan sirkus milik Ibu Bos yang jatuh bangun diterpa kemalangan, begitu juga kemalangan tersebut menerpa pada pekerja di rombongan sirkusnya. Meski tidak terlalu tebal, kita tidak akan bisa melahap buku ini dengan cepat karena banyaknya tokoh dengan kepedihannya masing-masing.  

Secara gaya penulisan, ciri khas Andrea Hirata masih sangat terasa. Alur nya pun tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat. Di awal cerita saya masih kesusahan untuk membayangkan banyaknya aktor dengan nama-nama dan kondisi yang hampir mirip namun dipertengahan saya mulai dapat mengikuti. Tapi dibagian akhir, saya kembali kebingunan, terutama dibagaian penutup. 

Sepertinya, penulis ingin memberi twist yang tak terduga seperti pada Orang-orang Biasa, namun karena cerita tokoh yang belum terlalu mendalam, saya kurang menikmati dan mengerti twist nya.

Dengan segala kekurangannya, buku ini masih sangat menarik dan memancing tawa. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.