Sotoy Review: The Fall of The Ottomans by Eugene Rogan

Agustus 04, 2020

The Fall of the Ottomans: The Great War in the Middle East
My rating: 4 of 5 stars

Saya pertama kali melihat buku The Fall of The Ottomans ini di Gramedia Depok namum dalam versi bahasa Indonesianya. Namun sayangnya malam itu saya memutuskan untuk tidak membelinya langsung. Beberapa bulan kemudian, saya mulai mencari buku ini terutama versi saduran Indonesianya dan berakhir dengan kenihilan. Entah mengapa buku tersebut susah untuk ditemukan. Karena tidak ingin menunggu terlalu lama, akhirnya saya membeli buku ini melalui BookDepository.com dan versi bahasa Inggrisnya.

           


Awalnya saya berharap ada cerita detail pada perang dunia pertama yang berarkhir dengan bubarnya Khilafah terakhir umat islam ini namun dengan penulisan yang mudah dimengerti. Ternyata ekspetasi saya terlalu tinggi. Buku The Fall of The Ottomans seperti buku sejarah sekolahan yang menjelaskan apa siapa dan kapan secara detail sehingga agak membosankan, buku ini bukanlah buku pop-sejarah.

Penulisannya mengikuti alur lini masa dimulai beberapa tahun sebelum perang dunia pertama yang sebenarnya agak kurang berpengaruh kepada keruntuhan Turki Usmani. Namun semua informasi yang disampaikan memiliki sumber yang dapat dipercaya dan dituliskan daftar pustakanya dengan rinci. Kredibelitas Eugene Rogan sebagai sejarawan tidak perlu diragukan, Ustad Salim A. Fillah juga pernah mengutip dari bukunya.

Cerita ketika Syarif Husain bersama putranya mulai mengambil alih pucuk pimpinan di Jazirah Arab juga tidak terlalu detail dan hampir sesimple yang dijelaskan di wikipedia.

Sepertinya buku ini memang cocok untuk mahasiswa sejarah. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.