Sotoy Review: Illegal Alien by Agung Suryawan

Maret 17, 2021

 

Illegal Alien: Kisah Petualangan Imigran Gelap di Amerika Serikat
My rating: 5 of 5 stars

Buku ini adalah salah satu bukti bagi saya bahwa buku dan pembaca itu berjodoh. Saya menemukan buku ini disalah satu sale besar-besaran buku di DMall Depok pada 2018 yang lalu dengan harga yang tidak masuk diakal dengan ekspetasi serendah mungkin. Dan pilihan saya membeli buku ini sangatlah tidak salah.

Karena based on true event, ekspetasi saya tentang jalan cerita tidak terlalu muluk-muluk apalagi jika berharap alur yang mendayu-dayu seperti novel karangan Uda Fuadi misalnya. Namun ternyata penyusunan bab per bab dam potongan detail yang diambil membuat saya juga terhanyut dalam perjalanan yang dilakoni oleh Mas Agung Suryawan.

Btw Illegal Alien ini bukan tentang makhluk luar angkasa berbadan hijau dan kepala besar. Illegal Alien adalah istilah untuk pendatang ke Amerika Serikat tanpa izin yang jelas. Jadi Mas Agung Suryawan (yang diyakini sebagai nama pena saja) bekerja di kapal pesiar di AS. Kemudian dia memutuskan kabur dan memulai pertualangannya.

Menurut saya ceritanya tidak happy ending banget, karena sepertinya banyak juga Illegal Alien yang berakhir lebih bahagia dari Mas Agung Suryawan ini. Namun ketika membaca buku ini, kita akan terbawa suasana dan bisa menikmati hidup di AS sebagai pendatang dari Indonesia. Saya yakin beberapa orang setelah membaca buku ini akan mempunyai semangat untuk merantau dan mengadu nasib di negeri orang apalagi AS. Sah-sah saja sih.

Yang sangat saya suka dari buku ini adalah gaya penulisan dengan sudut pandang orang pertama dan penulisan bahasa Indonesia sederhana tanpa kalimat dengan beranak-pinak. Saya seperti membaca blog dan menanti postinga-postingan berikutnya.

Tapi menurut saya sih, apa yang dilakukan Mas Surya ini cukup berbahaya untuk ditiru oleh orang lain. Cukup baca saja, gak usah ngide pengen nyoba juga. hehehe.

View all my reviews on Goodreads,,,

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.