Sotoy Review: Dua Cerita dari Negeri Slavia by Soebagijo I.N

Juli 10, 2022
Dua Cerita dari Negeri SlaviaDua Cerita dari Negeri Slavia by Soebagijo I.N.
My rating: 3 of 5 stars

Buku ini saya beli karena memanfaatkan promo kompas.id dan karena judulnya yang menarik.

Dua cerita di buku ini berasal dari dua kerajaan di Eropa Timur. Saya tidak tau apakah cerita bersambung sang wartawan senior LKBN Antara di koran kompas ini adalah cerita fiksi ataukah diangkat dari kisah nyata. Sayapun males untuk mencari tau jawabannya. Dalam pengantar penerbit disebutkan bahwa Soebagijo adalah penyadur dua cerita bersambung di kompas pada medio 1971. Dua tulisan bersambung pada buku ini adalah Malam Hitam di Boegard dan Makar.

Alur kedua cerita tersebut sebenarnya simple. Tentang upaya pemberontakan saja. Cerita kejadian hanya pada satu alur maju namun kejadian-kejadian didetailkan sehingga buku ini lebih tebal dari beberapa roman Buya Hamka. (Btw Buya Hamka dan Pak Soebagijo sama-sama pernah jadi pengurus Muhammadiyah). Namun ketika membaca detail l
atar lingkungan pada cerita ini saya mengalami kesulitan membayangkannya. Beberapa kata pun sudah sangat jarang dipakai saat ini dan berasa sangat asing. Jadi jangan berharap imajinasi liar akan eropa timur akan keluar dengan membaca dua cerita ini. Yang ada adalah dahi yang berekurt.

Overall bukunya seru dibaca untuk menambah wawasan tentang awal abad 19 dan eropa timur. Dan jangan berharap ada pesan moral dari buku ini. Tapi bisa jadi pesan yang lain, hehehhe.



View all my reviews

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.