Tulisan Analisis SWOT dengan ChatGPT

Maret 23, 2023





Seperti biasa, sebagai penggemar “ikut lomba walau pasti gak menang”, bulan Februari lalu saya kembali mencoba peruntungan pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM. Tema LKTI yang diusung adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia Sektor ESDM terkait BPSDM ESDM. Karena merasa sangat relate dengan topiknya, saya meneguhkan hati untuk ikut lomba ini. Namun nyatanya, hingga h-1 dari tutupnya pendaftaran pada 20 Februari 2023, saya baru ada waktu kosong untuk menulis.


Karena keterbatasan waktu pula lah akhirnya saya meminta bantuan ChatGPT untuk membuat kerangka analisa SWOT yang saya gunakan pada tulisan ini. Ohya, topik yang mau saya angkat sih tentang pemeliharaan PLTS atap oleh teknisi individu dan peran PPSDM KEBTKE (Bagian dari BPSDM ESDM) dalam industri tersebut. judul tulisannya sih menjadi ANALISIS BISNIS MODEL PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PLTS ATAP RUMAHAN DAN POTENSI PERAN PPSDM KEBTKE.


Perintah yang saya berikan ke ChatGPT waktu itu adalah :

Buat analisis SWOT bagi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan EBTKE dalam menjadi tempat pelatihan dari sertifikasi teknisi perawatan dan pemeliharaan PLTS atap rumahan



Dan Jawaban yang diberikan adalah : 

SWOT analysis for Human Resources Development Center for Renewable Energy and Energy Conservation (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan EBTKE) as a training center for certification of technicians for maintenance and care of residential rooftop solar power system (PLTS atap rumahan):

Strengths:

  • The center has expertise in renewable energy and energy conservation, which will be a great advantage in training technicians.

  • The center is equipped with facilities and infrastructure to conduct training, such as classrooms, training equipment, and a workshop.

  • The center is supported by the government, which will increase its credibility and attract potential students.

Weaknesses:

  • The center may face challenges in attracting students as there may be other training centers for similar certification in the market.

  • The center may need to invest in marketing efforts to attract potential students, which could add to its operational costs.

Opportunities:

  • The demand for residential rooftop solar power systems is increasing, which will lead to an increasing demand for certified technicians.

  • The center can leverage its expertise in renewable energy and energy conservation to offer specialized training for technicians in other areas of renewable energy.

Threats:

  • The center may face competition from other training centers that offer similar certifications and courses.

  • The center may face challenges in keeping up with the fast-changing technology in the renewable energy industry.

Overall, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan EBTKE has significant potential to become a leading training center for the certification of technicians for maintenance and care of residential rooftop solar power systems. However, it needs to address the weaknesses and threats to ensure sustainable growth and success.



Jawaban dari chatGPT tersebut tentu saja sudah sangat sesuai dengan pertanyaan yang diberikan dan analisisnya sudah cukup untuk analisis SWOT singkat. Kalau mau diperdalam sebenarnya masih bisa sih. Tapi karena waktu itu, batas waktu pengumpulan tinggal beberapa jam, akhirnya saya tidak mengembangkan analisis dari chat GPT. Saya cuma mengejawantahkannya ke tabel analisis SWOT dan menambahkan rekomendasi.

Jadi secara umum, ChatGPT ini membantu saya dengan baik membuat sebuah analisis SWOT meski seharusnya saya lebih eksplor lagi hasil analisisnya ketika menuliskan di LKTI. Di syarat dan ketentuan lomba, setahu saya tidak ada larangan menggunakan tool ChatGPT. Tapi hasi akhir sebuah LKTI pasti sangat bergantung dengan penulisnya.


BTW, hasil LKTI BPSDM ESDM ini telah keluar. Dan seperti biasa, saya bukan salah satu pemenangnya. Hehehe.


Jika teman-teman tertarik ingin membaca utuh dari LKTI yang saya coba susun, silakan hubungi kami. (Kayaknya gak ada yang tertarik juga deh).


Heheheh. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.