Sotoy Review : Komsa Komsi by ES Ito

Januari 02, 2024

 

Komsi Komsa
My rating: 5 of 5 stars

Sebuah masterpiece lainnya dari ES Ito.

Dengan corak yang sama dengan dua buku sebelumnya, Rahasia Meede dan Negara Kelima, ES Ito kembali membawa pembacanya ke banyak Zaman yang berbeda. Membawa para pembaca ke kejadian masa lampau yang familiar di buku sejarah, namun dari sebuah sudut yang berbeda.


Komsa Komsi bercerita tentang seorang laki laki dari Bumi Priangan bernama Sam - Sampurasun. Keahlian bawaan dari lahir membawa Sam berkeliling dunia dan berbaur pada banyak kejadian penting di catatan sejarah. Tokoh Tokoh rekaan yang berada disekeliling Sam sangat mudah digambarkan oleh alam imajinasi kita karena kelihatan ES Ito dalam menyusun paragraf. ES Ito juga sangat detail dan tidak Ada salah penulisan sedikitpun terhadap penggambarannya. Bagaimana topic Hamborg tetap konsisten menggambarkan karakter Ben.


Saya kemudian membaca reviu lainnya terhadap buku ini di goodreads.com. Beberapa hal minor yang menjadi kritis adalah Bagaimana seorang pemuda Indonesia bisa berhasil menyeludupkan senjata, membeli pesawat, dan tal mustahil lainnya tanpa dijelaskan dengan rinci strategi yang digunakan. Dari pengalaman saya bergaul dalam umur yang masih belum terlalu pengalaman ini, Hal tersebut sangat mungkin terjadi. Hanya bermodalkan uang, telpon sana telpon sini. :v)


Meski digambarkan seperti robot, ES Ito tetap berhasil memberikan sisi humanist dari Sam yang tetap bisa jatuh cinta yang kemudian menjadi salah satu Penutup yang apik.


Masih Menunggu karya ES Ito berikutnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.