Sotoy Review : Pocari Sweat Bandung Marathon 2023

Desember 18, 2023

 


Setelah melewatkan tahun 2020, 2021, dan 2022 Tanpa lari Marathon, akhirnya di 2023 ini saya kembali menjajal jalanan kota sepanjang 42,195 km. Padahal, setelah finish di Jakarta Marathon 2019 kemarin, sempat berjanji untuk minimal sekali setahun ikut race marathon. Tahun 2020 dan 2021 jelas karena pandemi covid jadi gak ada lomba lari yang jalan. Tahun 2022 udah mulai jalan tapi saya gak Ada ikut race FM satupun. Tapi ada dapat medal di event lari kantor. Di akhir 2022 ketika Pocari Sweat Run 2023 buka pendaftaran, saya akhirnya memberikan diri daftar Full Marathon lagi.

 


Pocari Sweat Run 2023 adalah event ke 10 Pocari Sweat Run dan tetap memilih Bandung sebagai destinasi. Kelas yang dilombakan lengkap dari 5K, 10K, HM, dan FM. Juga ada Virtual Run yang bisa diikuti dengan lari dimana saja di Indonesia pada saat yang sama. 

 


PENDAFTARAN



Kayak nya tahun Pocari Sweat Run 2023 adalah kali pertama pendaftaran dengan cara beli voucher di blibli.com, di Pocari Sweat Run 2020 seingat saya masih langsung di website Pocari Sweat nya atau run.id yang jadi race organizer kalo gak salah. Pendaftaran Pocari Sweat Run 2023 kalo gak salah di Desember 2022, sama kayak Pocari Sweat Run 2024 yang sudah buka di Desember 2023 ini. Untuk beli voucher di blibli ini sebenarnya gampang sih, tinggal bikin akun dan beli aja sesuai kategori yang dipilih. Kebetulan saya sudah punya akun blibli sebelumnya. 

 


Pas jam war dimulai, jagat dunia maya cukup heboh dan ramai. Cukup terkendali trafik tapi kayaknya gak terlalu besar. Seingat saya, saya beli 15 menit setelah jam war dimulai dan kategori FM masih tersedia. Jadi langsung check out aja. Cara bayar nya juga gampang. Setelah bayar kemudian dapat kode voucher langsung. Di situ dibilangin tinggal liatin kode voucher aja. Untuk harga kategori FM sendiri 950 ribu rupiah, plus biaya biaya layanan lainnya. untuk harga kategori lainnya saya lupa euy. Harganya cukup naik dari pre-pandemic kalo gak salah, tapi sepertinya harga hampir sejuta ini jadi standar baru harga race FM lainnya di Indonesia deh.



Setelah tiket diamankan, yang selanjutnya perlu diamankan adalah penginapan. Entah kenapa, saya terpikir untuk memilih hotel NEO Dipatiukur. Bu Dhila pun setuju. Pas cek di agoda, masih tersedia dan harganya masuk akal. Langsung aja juga checkout Hotel NEO Dipatiukur buat 2 malam, dari Sabtu ke Senin. 

 

Hotel NEO Dipatiukur

 

PERSIAPAN



Sadar sudah lama tidak marathon dan berat badan yang mulai tidak terkendali, saya telah menguatkan tekad untuk latihan lebih rajin untuk Pocari Sweat Run 2023 ini. Latihannya mandiri aja. Cuma lari lebih intens dan long run minimal sekali sebulan. Long run nya juga cuma jarak hm aja. Plus strength training mandiri juga di rumah. Sebenarnya juga targeting nurunin berat badan ke 67an tapi gagal yang ini. 

 


Target saya di Pocari ini gak muluk muluk sih, yang penting gak lewat COT karena COT nya 6 jam aja coy. Makan ya Latihannya agak semangat. Walaupun latihan kali ini lebih baik dari race FM terakhir saya, tetap aja sebenarnya masih belum cukup dan jauh lah dibanding pelari lainnya apalagi komunitas. 

 


Selain latihan, persiapan lainnya belanja perlengkapan lari dong. Race kali ini saya lumayan keluar Modal yang lumayan nih. Beli Asics Gel Nimbus 25, yang Walaupun bukan sepatu race, tapi sangat nyaman buat kaki lebar seperti saya. Lalu beli Jersey hijau neon. Belum kino tape dan botol minum baru. Dan tentu saja beli Gu Gel buat bekal di sepanjang jalan, Walaupun sebenarnya saya sudah beli paket FM dari Strive, tapi sepertinya masih kurang banyak.

 


Pengambilan Race Pack dan Race Expo

 


Fast forward ke bulan juli. Akun Instagram Pocari Sweat sudah ngumumin bahwa Pengambilan race pack akan diadakan bersama dengan race expo di Bandung Convention Center di jalan soekarno hatta. Tepat nya di hari jumat dan sabtu, 28 dan 29 juli. Lokasi nya lumayan jauh dari Gedung Sate yang jadi race venue sebenarnya. Tapi panitia katanya nyediain free shuttle bus. Saya kebetulan sudah berada di bandung sejak jumat pagi nya, tapi buat urusan kerjaan. Sore setelah kerjaan selesai, langsung naik gojek ke Bandung CC. Pilihan yang tepat karena jalanan Bandung sore itu macet banget.

 

Pintu masuk Race Expo


Sampai di sana saya langsung ke meja registrasi, sempat terjadi kendala karena saya gak menerima email undangan Pengambilan Racepack. Tapi gak lama dan drama karena sudah langsung di handle dengan baik oleh panitia. Kemudian langsung ambil Bib, jersey, dan produk sponsor. Sore itu yang ngambil sudah sedikit jadi gak pake ngantri. Yang lumayan ngantri buat foto sambil megang bib di depan layar. Hehehe.

 

Gak ngantre


Setelah selesai dengan pengambilan, kita terarahkan ke race expo di luar gedung. Race expo rame dengan booth sponsor, panggung, dan makanan. Saya gak lama-lama di sana, cuma nyari Salonpas Spray aja. Tapi yang pasti race expo nya seru-seru dan sangat menggoda Iman buat belanja.

 

Masuk ke Race Expo
Biar kayak pelari Kalcer



Hari H

 


Di Sabtu, alias H-1, saya sempat lari pemanasan di Gasibu Running Track bersama Bu Dhila, buat aklimatisasi aja. Pagi itu kayaknya hampir semua pelari yang lari adalah peserta Pocari Sweat Run besoknya, terlibat dari Kaos komunitas yang dipakai. Saya ketemu dengan Biqi dan ISTRI yang turun di kategori HM.

 

Ini juga, keren-kerenan aja

 

 

Sabtu saya habis kan buat check in ke NEO hotel dan istirahat saja. Carbo loading sebenarnya sudah dimulai sejak hari Rabu nya. Di Sabtu nya, saya lebih banyak makan pasta yang dipesan lewat Grab food aja. Dengan suasana yang mendukung, Alhamdulillah bisa tidur habis magrib dan bangun jam 2.30. Selesai sholat, saya masih lumayan leyeh-leyeh dan Sarapan saja. Karena sebelumnya, setelah diskusi dengan Bu Dhila, skenario paling mungkin yang saya ambil adalah sholat Subuh di hotel saja, yaitu 4.35, lalu naik ojek ke area Gedung Sate yang harus masuk dari gerbang belakang. Saya sangat beruntung dan terbantu sekali dengan bantuan Bu Dhila pagi itu, lebih tepat nya beliau seperti navigator saya. Pas adzan, Bu Dhila sudah memesankan Grab ride buat saya dan Menunggu ojeknya di depan hotel. Benar saja, hampir semua yang nginap di NEO hotel Malam itu adalah yang bakal lari di Pocari Sweat Run, jadi nya pada rebutan ojek. Kata Bu Dhila, ojek saya hampir di embat orang dengan diiming-imingi dibayar lebih mahal. Untuk ojeknya gak mau.




Setelah sholat, saya langsung meluncurkan dan Alhamdulillah telah sampai di area start 10 menit sebelum flag off kategori marathon. Sempat pemanasan lagi dan ikut nyanyi Indonesia Raya juga. 

 

Sebelum start


Rute FM Pocari Sweat Run 2023 hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Dari 42 km rute, kayaknya cuma 1 km yang gak pernah saya lewati, Selebihnya sudah pernah. 

 


Seperti sebelum-sebelumnya, dari Gasibu rute nya ke Pasteur yang naik ke jembatan Surapati. Alhamdulillah sesuai rencana, cukup pace 8 yang penting depan Pace 06:00. Cuma sedikit drama, karena kencing yang sudah tak tertahankan, saya harus berhenti di salah satu Indomaret dan menghabiskan 6 menit buat ngantre dan kencingnya. Pas balik ke jalan, Pace 06:00 udah nyusul. Karena tekanan mental harus di depan mereka yang notabene "sweeper", saya naik kecepatan buat bisa di depan mereka. Rencana berhasil dan saya kembali berjarak dari mereka dengan pace sesuai rencana. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan tidak Ada gangguan, pace aman HR aman.

 




Petaka mulai muncul di KM28an, di sekitar Flyover Kiaracondong. Asam lambung mulai naik dan buat HR tinggi, rasa nya persis kayak beberapa kesempatan saya kenal sandungan ini. Sempat kepikiran untuk stop dan DNF saja karena itu adalah janji ke Bu Dhila, gak memaksakan diri dan gak harus finish. Untuk saya Bawa tablet kunyah Polysilane di kantong. Langsung saja saya kunyah Dua tablet dan coba jalan kaki saja. Alhamdulillah asam lambung mulai agak netral. Saya curiganya karena Strive yang saya Konsumsi ini sebenarnya cukup asam. Tapi kata Bu Dhila juga, olahraga berat dan stressful ini juga bisa bikin produksi alam lambung lebih cepat.

 

Flyover Kiaracondong



Setelah KM ini, saya mulai tidak terlalu ngoyo dengan pace 8 agar finish dibawah COT. Di KM 35, saya masih di depan Pacer 06:00, yang artinya masih Batas aman lah. Di KM ini pula, Bu Dhila tungguin saya di seberang BIP. Saya tadinya minta dibawain pisang buat isi lambung, eh di water station km 33an Ada pisang ternyata. Trus saya bilangin ke Bu Dhila buat langsung ke Race venue aja, ketemu disana. Sisa 7 km ini berat banget buat saya. Ruteya nanjak dari jalan Riau ke Gedung Sate. Akhirnya di KM 37 saya disalip sama pacer 06:00. Sempat ikut dirombogan ini sepanjang satu km. Sempat nanya juga ke teteh-teteh pacernya, kalo saya finish di Belakang mereka, apakah DNF dan gak dapat medali. Dia bilang, gak usah pikirin, yg penting finish strong. 



Saya sudah ikhlas sebenarnya, termasuk di 500 meter akhir di Jalan Diponegoro, lewat 6 jam dikit gak jelek-jelek banget lah. Eh pas lewat di salah satu komunitas, ada abang-abangan yang bilang "saya pacer in sampai finish ya, bisa nyalip pacer 06:00". Saya iyain aja. Dia kasih pace 5an kalo gak salah, Dia juga buka in jalin yang sudah penuh sama finisher, termasuk sama pacer 06:00 yang nurunin pace nya karena sepertinya mereka kecepatan satu menit. Alhasil, saya bisa finish 05:58:57. Cuma beberapa detik sebelum COT. Dan saya belum sempat bilang terima kasih sama abang-abangan in.



Setelah lewat gate, saya ambil medali, jersey finisher, dan refreshment lainnya. Di area Gedung Sate sudah penuh banget. Kayaknya saya termasuk pelari terakhir yang belum balik ke area. Alhamdulillah HR, kaki, dan Kepala aman-aman saja, gak kayak PLN Jakarta Marathon 2019.


Finish, cari Bu Dhila


After Race 



Setelah ketemu Bu Dhila, kami istirahat dulu dan foto-foto sebelum balik.  Sebenarnya photo booth nya lumayan banyak. Hampir semua sponsor ada. Ada panggung musik juga kalo gak salah. Tapi karena sudah panas banget, kami gak menikmati dan lama-lama disana. Kami cuma ke photo booth Blibli aja. Tapi kayaknya race central nya seru sih.

Gedung Sate yang udah terik

 


Overall Review

 

Secara penyelenggaran, Pocari Sweat Run 2023 ini nyaris sempurna sih. Masyarakat Bandung nya sudah mulai pengertian, hampir gak Ada klakson-klakson. Water station juga berlimpah dan tidak terlalu jauh. Tapi water stasion dengan pisang yang agak dikit sih. Saya sudah prediksi di awal karena ketakutan pandemi masih lumayan ada, jadi yang bisa Bawa sendiri, seperti energy gell dan pengganjal perut, mending Bawa sendiri. Fotografer official sebenarnya cukup banyak, tapi hasilnya lumayan lama uploadnya dibanding sama Fotografer mandiri yang lebih banyak lagi, namun dengan harga jual yang sebenarnya cukup masuk akal. Sebagai introvert mah, cukup yang official aja.


Bintang 4,5 lah buat Pocari Sweat Run 2023.


Pengen banget buat ikut Pocari Sweat 2024 nanti yang udah buka pendaftarannya awal Desember ini. Apalagi mau ajak Bu Dhila untuk naik ke 10K (Bu Dhila udah resmi jadi Finisher 5K di September 2023 yang lalu di ISOPLUS RUN). Namun sayang belum rezeki, 






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.