Haji Muda Itu Keren

October 22, 2019
Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah atau kita lebih mengenalnya dengan Buya Hamka. Seorang ulama besar, Sastrawan mahsyur, Dan teladan bagi rakyat Indonesia.


Beliau lahir di Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, 17 Februari 1908. Universitas al-Azhar dan Universitas Nasional Malaysia menganugerahkannya gelar doktor kehormatan, sementara Universitas Moestopo, Jakarta mengukuhkan Hamka sebagai guru besar. Namanya disematkan untuk Universitas Hamka milik Muhammadiyah dan beliau masuk dalam daftar Pahlawan Nasional Indonesia.

Namanya besar oleh karya. Tafsir Al Azhar, Di Bawah Lindungan Ka'bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Ayahku. Adalah sederet goresan tinta emasnya yang abadi sampai saat ini.

Sejarah hidupnya adalah guru bagi kita. Seperti keikhlasan dipenjara Bung Besar, Menolak berkompromi pada perihal masalah akidah, dan tentang pengembaraan hajinya.

Belum genap berumur 20 tahun, beliau sudah menempuh jalan jauh ke tanah haram untuk melaksakan ibadah haji. Pada permulaan Februari 1927, bertepatan dengan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada bulan Rajab, Malik kecil berangkat dari Pelabuhan Belawan menuju Jeddah. Selama di kapal, ia amat dihormati lantaran kepandaiannya membaca Al-Quran. Orang-orang memanggilnya dengan sebutan ajengan. Dalam memoarnya, Buya mengenang dirinya ditawari kawin dengan seorang gadis Bandung yang memang telah menawan hatinya, tetapi ia menolak. Sewaktu itu, kata Hamka, biasa saja orang menikah di atas kapal.

Dengan segala keterbatasan alat transportasi saat itu, beliau berhasil sampai di tanah arab untuk melaksanakan rukun islam kelima tersebut sekaligus menuntut ilmu ke ulama besar disana. Beliau adalah contonya dari Haji Muda itu Keren.

Buya bukan satu-satunya haji muda keren yang kita kenal, Ada beberapa pahlawan nasional lainnya seperti KH hasyim hasyari dan KH Ahmad Dahlan.

Menjadi haji diusia muda merupakan suatu anugerah yang besar. Tubuhmasih segar bugar untuk melaksanakan rukun haji yang cukup berat. Ingatan juga masih kuat dengan bacaan manasik. Dan harapan masih panjang untuk berbagi ilmu dan pengalaman di tanah air sebalik dari arab biar kaffah jadi haji muda keren nya.

Saya dan teman-teman juga bisa berangkat haji di waktu muda.

Mendaftar haji sekarang lebih mudah.
Cukup buka tabungan haji di bank yang ditunjuk pemerintah. Kemudian nabung hingga 25 juta, jangka waktunya semampu kita. Setelah genap 25 jt, kita akan dikasih surat pengantar untuk mendaftar di kantor wilayah kementerian agama di kota kita. Lalu lengkapi persyaratannya administraif lainnya, dan kita sudah masuk daftar tunggu haji.

Saat ini, daftar tunggu haji lebih lama dari tahun tahun sebelumnya. Kita bisa menunggu hingga dua puluh tahun dari proses mendaftar ke Kementerian Agama hingga berangkat haji, lamanya tergantung jumlah daftar tunggu dan kapasitas masing masing kota.

Oleh karena itu, jika ada rezeki, mari segera buka tabungan haji atau setor langsung 25 juta agar kita dapat berangkat menunaikan ibadah haji sebelum umur 40 tahun, biar tetap jadi Haji Muda Keren.

Nanti Di tahun keberangkatan, kita akan membayar kekurangan dari biaya haji yang ditetapkap pemerintah pada tahun itu. contoh di 2019 ini, biaya hajinya sebesar 35 juta, jadi kita cukup nambah 10jt lagi.

Nah dari saat dapat antrian hingga pelunasan nanti, tabungan haji kita yg senilai 25 juta tersebut di kelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji, BPKH. BPKH mengelola dana tabungan haji kita dalam beberapa instrumen investasi syariah. Hasil pengelolaannya dipergunakan untuk mensubsidi biaya haji kita. Keren kan.

Alhamdulillah sy dan istri sudah buka tabungan haji dari awal tahun ini dan mulai menabung untuk dapat nomor porsi segera. Mohon doanya.

ayo buka tabungan haji atau daftar haji dari sekarang selagi muda dan ada rezeki.

#HajiMudaItuKeren

------------
-------------------



Video ini saya buat dalam rangka mengikuti lomba #MinaVideoCompetion yang diadakan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji untuk mengajak anak muda untuk mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji, tentunya melalui program-program yang sudah disiapkan pemerintah. Hadiahnya umroh ke tanah suci gratis. Alhamdulillah saya masih belum menang sih, heheh. Selamat buat para pemenang



Sengaja saya post disini agar teman-teman terinfokan bahwa sekarang daftar haji itu gampang dan daftar tunggunya makin panjang.. jadi kalau ada rezeki, lansung buka tabungan haji aja trus sisipkan pendapatan bulanan kita kesana. Kalau sudah terkumpul 25 juta, kita tinggal nunggu urutan dipanggil saja..

Kalo daftar dan ngumpulin duitnya pas nanti sudah tua, bisa-bisa waktu kita haji udah sepuh banget, itupun kalo masi dikasi umur sama Allah Azza Wajalla.

Yuk nabung buat haji dari sekarang.

No comments:

Powered by Blogger.