Review Bayar Pajak Motor di Samsat Digital (signal)

Oktober 04, 2021



Alhamdulillah, ternyata ada sisi positif dari pandemi covid-19 ini gaes, minimal menurut saya sih. Salah satu yang paling saya syukuri adalah banyaknya pelayanan publik yang dapat diselesaikan secara digital atau online atau daring. Di tahun 2020 kemaren, saya memanfaatkan bayar pajak kendaraan bermotor (pkb) / pajak motor di aplikasi Samsat nasional. Alhamdulillah lancar-lancar aja walaupun bukti bayar fisiknya baru sampai sekitar 2 bulan kemudian.



Tahun 2021 ini saya ingin bayar kembali pajak motor ini di aplikasi Samsat Nasional sebelumnya. Tapi sejak bulan Mei 2021, selalu gagal. Terus saya cari tau cara bayar pajak motor Banten ini selain datang ke samsat, hasilnya nihil. Karena disalah satu flyer saya lihat bahwa denda pajak motor Banten di 2021 ini dihapuskan, saya berencana langsung ke Samsat Ciputat saja ketika pandemi mulai mereda.


Niat bayar pajak motor ke Samsat Ciputat saya sudah besar di September 2021 kemaren karena pandemi kayaknya sudah mulai terkendali. Sebelum berangkat, saya cari-cari lagi cara bayar pajak motor ini secara online. Barulah saya sadar ada aplikasi baru bayar pajak motor ini, namanya Samsat Digital dan disingkat sebagai Signal. Kalo dari berita di kompas.com ini katanya Signal ini memang baru rilis di akhir Agustus dan dapat dipakai di September 2021.


Awalnya sempat curiga karena saya belum dengar berita tentang Signal ini sama sekali. Tapi setelah baca-baca dan lihat situs resminya, barulah saya yakin ini bukan penipuan.

             
        
      SITUS RESMI SIGNAL: https://samsatdigital.id/      


Cara bayar pajak motor di aplikasi Signal ini gampang banget gaes. Pastinya download dulu di Google Play Store. Developer aplikasinya adalah "Korlantas Polri - Pembina Samsat Nasional", resmi lah, masak ngak. 


Setelah instal aplikasinya, kita harus daftar akun dulu. Step by step nya ada dijelasin di situs signal juga. Kayaknya disini adalah hal yang paling mendebarkan pertama. Setelah masukin data pribadi seperti NIK, Nama, Email, Nomor HP dan Pasword, akan ada verifikasi biometrik dengan selfi menghadapa ke depan, kiri, kanan, dan senyum. Sepertinya proses verifikasi ini pakai data base eKTP. Jadi kalo data eKTP teman-teman gak sinkron, sepertinya bisa jadi masalah. Karena verifikasi biometrik wajahnya pakai AI (artifisial intelegent) jadi kalo si mesin bilang gak cocok, bisa ketolak.


 PROTIPS: samakan foto pas selfi dengan foto ktp, kalo di ktp pake bedak, pas selfi untuk daftar aplikasi ini pake bedak juga.


Setelah terverifikasi, cara untuk bayar pajak motornya gampang. Selain karena ada panduan step-by-step di situs dan yuotube nya, User Interface aplikasi signal ini sederhana banget, cocok buat orang Indonesia yang males baca panjang panjang. 


       NONTON: Youtube aplikasi Signal dengan panduannya yang rinci dan ringkas 


Langkah pertama yaitu Pedaftaran kendaraan kita, langkah simple nya ada disini. Syarat kendaraan yang bisa didaftarkan dan dibayarkan lewat aplikasi ini adalah kendaraan atas nama sendiri atau atas nama keluarga tapi masih dalam satu kartu keluarga. Dan ini adalah hal yang paling mendebarkan berikutnya walaupun langkahnya gampang banget. Data yang dibutuhkan cuma Nama Pemilik, Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) aka nomor plat motor kita, lima digit terkahir nomor rangka kendaraan, serta KTP keluarga kalo bukan atas nama pemilik akun.


Nah pas sudah ok, loadingnya lumayan lama cuy, kayaknya ngecek ke database dulu, kalo sajak salah satu data gak sinkron pasti ketolak tuh. Pengalaman kemaren, untuk motor atas nama sendiri loading hingga Kendaraan Berhasil ditambahkan bisa satu menit, sementara buat kenderaan atas nama keluarga lebih satu menit. Alhamduillah dua motor yang mau dibayar pajaknya berhasil ditambahkan meski degdegan juga.



Kalo motor kita udah berhasil ditambahkan, akan muncul dilayar kayak gini, lucu juga. Langkah selanjutnya bayar. Cara bayarnya gampang juga, saya kayak belanaja di Toped pake virtual account lah. User Interface buat bayar ini juga enak dan mudah. Detail cara bayarnya ada disini. Bukti bayar pajak atau TBPKP nya nanti ada dalam bentuk softfile yang dapat kita download langsung sama TBPKP asli yang dikirim dari Samsat terdekat kita pake POS Indonesia. Jadi di komponen biaya ada ongkir POS Indonesia, kalo saya kemaren cuma 16000 aja gaes.



Bank untuk bayarnya juga banyak gaes, ada bank nasional BRI, Mandiri, dll, dan ada juga beberapa Bank Daerah. Setalah dapat kode bayar, tinggal langsung aja meluncur ke aplikasi Mobil Bankingnya. Kemaren itu saya pilih bayar lewat VA Mandiri dan bayar di Livin.


Kalo di aplikasi Samsat Nasional tahun lalu, setelah bayar, status transaksi masih tidak berubah. kalo gak salah memang gak otomatis begitu katanya, maksimal 3 hari kerja baru terverifikasi. Tapi kalo di signal ini, langsung gaes. Habis bayar di aplikasi Bank, status transaksi berubah segera dan eTBPKP aka softfile STNK nya sudah bisa didownload. Langkahnya ada disini gaes. 





Beres. Pajak tahunan motor kita sudah terbayarkan tanpa keluar rumah. Tapi saya ada sedikit kaget sih gaes. Di flyer ini dibilang bahwa denda telat bayar pajak motor ini diputihkan oleh Pemprov Banten. Pas di cek ditagihan ,ternyata denda pajaknya memang nol, tapi denda sumbangan wajib jasa raharnya tetap jalan. hehehe. 



Nah lebih keren lagi dari Signal ini, TBPKP aslinya sampe dirumah 24 jam setelah bayar gaes. Jadi saya bayarnya jumat pagi 17 september. Sabtu paginya besoknya udah sampe aja dibawa pak pos. Lansung untuk kedua motot. Kalo di aplikasi SamsatNas tahun lalu, TBPKP aslinya sampe lebih lima bulan setalah bayar gaes. RISSPEEK.



Semoga aplikasi Signal ini tetap keren seperti ini untuk tahun-tahun depan dengan kualitas server yang terjaga dengan baik sehingga dapat motor kita aman gak diambil heker luar gaes.


Bintang Lima lah buat aplikasi ini.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.