Buku "Think Together for Stronger Energy" untuk mendukung Suksesnya G20 Indonesia

November 20, 2022

Sebenarnya saya punya satu sudut pandang menarik soal KTT G20 ataupun COP yang diharapkan menjadi rapat yang dapat menyelamatkan Bumi dari kepunahan ke 4. Tapi karena sedikit berat dan butuh analisis, nanti-nanti lah ya.



Sebagai orang yang kerja di salah satu dari tiga isu penting yang diusung Pak Jokowi dalam presidensi G20 tahun 2022 ini, sebenarnya saya tidak terlalu banyak kontribusi atau cawe-cawe. Maklum staf remah biasakan.



Nah, di kantor tercinta, ada komunitas namanya ESDM Writers. Nah komunitas ini ingin turut berkontribusi dalam presidensi G20 kita. Akhirnya di niatkanlah bikin buku yang tema nya sama dengan tema presidency G20: Recover Stronger, Recover Together. Sebagai anggota yang patuh dan ingin sok ikut berpartisipasi, saya coba ikut nulis book chapter dan alhamdulillah diterima. 



Nah minggu 13 November 2022, Bukunya resmi diluncurkan. Saya coba kutip yang ditulis oleh bapak ibu di biro klik ESDM yang nangkring di website ESDM berikut ya. heeehe. 



Soft Launching buku berjudul "Think Together for Stronger Energy" dilakukan bersamaan dengan acara Medsos Fest 2022 yang dilangsungkan di Museum Geologi Bandung (13/11). Peluncuran secara simbolis dilakukan oleh Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Ruang, Badan Geologi, Kementerian ESDM Siti Sumilah Rita Susilawati, dilanjutkan dengan penyerahan buku dari founder ESDM Writers, Thoriq Ramadani kepada Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik yang diwakili oleh Koordinator Komunikasi Kementerian ESDM Arid Riza Abadi.

SDM Writers merupakan komunitas penulis di lingkungan Kementerian ESDM dengan visi memajukan literasi sektor ESDM. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih dalam memajukan literasi sektor ESDM, sekaligus milestone para penulis dalam mencatatkan namanya dalam momen dunia yang bersejarah, Presidency G20 Indonesia.

Komunitas ESDM Writers yang terbentuk pada tanggal 25 Mei 2021 ini, mengangkat judul Think Together for Stronger Energy mengadopsi dari tema Presidency G20 Indonesia, Recover Together, Recover Stronger. Sebanyak 15 penulis menuangkan berbagai gagasan terkait tema tersebut dalam 18 tulisan, dari biogas sampai dengan nuklir.

Kelima belas penulis tersebut yaitu Ahmad Khulaemi, Apriana Susaei, Ardian Marta Kusuma, David Firnando Silalahi, Dzul Fadli Badaruddin, Endang Widayati, Hanny Fariany Fauziah, Khoiria Oktaviani, Larasati, Naufal Azizi, Ridho Arisyadi, Sono, Thoriq Ramadani, Vanessa Allia, Yunanik.

Btw yang menulis tentang nuklir itu saya


😗.



 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.