Sotoy Review : Melangkah by J.S. Khairen

Januari 05, 2023
Melangkah
My rating: 4 of 5 stars

Saya mulai membaca buku ini sejak pertengahan tahun 2022 lalu dan baru selesai dibaca hingga bab terakhir di awal januari ini.


Membaca buku “Melangkah” ini serasa membaca “ Kami Bukan Sarjana Kertas” yang melambungkan nama sang penulis. Mungkin secara lini masa penulisan mereka berdekatan, kali ya. Perasaan yang sama dari kedua buku itu adalah “mencoba dengan keras menjadi asik”.


Secara alur cerita, Melangkah ini sebenarnya sama dengan buku atau film petualangan sejenisnya dimana pemeran utama akan menang dan penjahat utama adalah orang baik yang sakit hati. Penulis mencoba kekuatan sci-fi dengan riset terlihat mendalam namun beberapa aksioma masih agak susah dicerna. Karakter tokoh-tokoh yang dituliskan sebenarnya juga sudah terurai dengan baik meski pada beberapa tokoh yang masih nanggung.


Ciri khas penulis yang suka memainkan akronim jelek seperti di seri Kami Bukan, juga masih ada dibuku ini, dengan level kegaringan seperti pada buku “ Kami Bukan Sarjana Kertas”. Penempatan diskusi yang menampilkan istilah akademis akuntansi menurut saya juga sedikit garing namun belum pada level mengganggu.


Secara keseluruhan, "Melangkah" merupakan buku yang menyenangkan untuk dibaca saat sedang bepergian. Namun, menurut saya akan cukup sulit untuk diadaptasi menjadi media audio visual.





 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.