Jalan Berdua : Korea Selatan 2023 - Part 1

September 20, 2023

Postingan ini seharusnya lanjutan dari cerita Ibu Teda yang ikut APCMS 2023 di Seoul. Naskahnya sudah hampir jadi tapi masih belum dirilis Ibu Teda karena beberapa hal.


Jadi, karena Bu Teda dapat undangan konferensi di Seoul, kami memutuskan untuk extend seminggu sekaligus jalan-jalan di Korea Selatan. Alhamdulillah, visa, tiket pesawat, hotel, dan cuti sudah beres semua lebih dari sebulan sebelum jadwal berangkat.


Untuk tiket pesawat, saya beli di tiket.com. awalnya kami mau ambil vietnam airlines yang transit di HCM. Waktu awal kami cek, harganya masih 5 juta pp. Walaupun jam layover di HCM nya lumayan panjang, menurut kami masih good deals. Eh pas mau booking besoknya, harga Vietnam Airlines-nya sudah hampir 7 juta. Beda tipis sama Asiana Airlines yang langsung. Akhirnya kami memilih Asiana Airlines saja, mumpung ada diskon 500k di tiket.com. Tiket saya dan Bu Teda juga beda sejutaan sih, karena Bu Teda hari rabu, saya di hari sabtu.


Sebelumnya saya juga sudah diskusi sama teman yang sudah sering bolak balik vaksin ke Seoul. Dia menyarankan untuk menginap di daerah Myeongdong saja karena kemudahan akses, makan, dan semuanya. Saya percaya saja dong. Mulailah hunting hotel di agoda plus light reviu di Google Maps dan Naver. Naver ini ke Google nya korea kali ya, pokoknya info di Naver lebih valid dari pada Google Maps. Diskusi-cek-diskusi-cek, kami akhirnya pilih Hostel Stay7 Myeongdong. Lokasinya strategis banget, cuma 100 meter dari Pintu Stasiun Myeongdong. Semua kemudahan Myeongdong ada, tapi tidak terlalu berisik. Dapat sarapan yang cukup muslim friendly. Kami pilih kamar double dan surprsingly sangat bagus dan nyaman. Kasur-nya empuk banget, kami tiap hari minimal 25 ribu langkah, bangun besok paginya gak pegel lini sama sekali. Kami booking di Agoda dan dapat diskon juga pastinya, totalnya 6,3 juta untuk 7 malam. Good Deals banger geass.




Pesawat oke, hotel oke. Berikutnya saya mengurus visa. Ngurus visa Korea di Jakarta lumayan gampang gaes. Ngurusnya di KFC yang ada di Lotte Mall Kuningan. Sayangnya kami ngurusnya waktu bulan puasa jadi kepotong libur lebaran. Kalo gak salah normalnya 7 hari kerja. Jadi kalo mau bikin visa Korea jangan mepet Gaes.


Urusan cuti gak perlu saya cerita disini lah ya.


Hari yang ditunggu akhirnya tiba. Alhamdulillah proses cek in dan penerbangan lancar. Dulu ketika saya naik Asiana di 2015, seingat saya dapat 2 kali hot meal, makan malam dan sarapan. Tapi kemaren, makan malam diganti snack aja. Sarapan pagi tetap. 


Sampai di Incheon, saya ingin tarik tunai di ATM dulu. Muncul satu drama. Pas saya antri, ada mbak mbak Indonesia yang mau ambil duit di ATM. ATM nya beda jauh sama Indonesia, layarnya ada dua. Si Mbak-nya bingung, dia nelpon Saudara-nya, ntah di korea atau di Indonesia. Gagal gagal terus, akhirnya dia nyuruh saya duluan. Dia juga tau saya Indonesia juga. Pas saya di depan ATM, bingung juga coy. Susah dimengerti perintahnya. Malah saya jadi gak bisa juga. Kata Bu Teda, buat beli T-Money buat tiket metro masih harus pake cash. Nah, mulai panik tuh. Setelah jalan-jalan di terminal, gak ada lagi nemu ATM yang bisa dipakai. Cuma ATM tadi. Karena mbak-mbak tadi udah gak ada, saya coba lagi deh narik. Dan, Alhamdulillah bisa. Gak tau yang sebelumnya miss dimana. 


Setelah beli T-money, akhirnya langsung naik Metro ke Yeouido, tempat Bu Tenda nginap selama konferensi. Hari ini pertama saya di Korea ini, kami hanya main-main ke Mall Parc 1, Conrad, dan river side  Di Yeouido-ro, dan pindah hotel ke Stay 7 Myeongdong.

Ini foto kami di Parc 1, maaf muka semua, 😀




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.