Blog Terbaik Belajar Seleksi LPDP

Januari 23, 2020

Salah satu alasan kami membuat blog dhilaridho.id ini adalah sebagai corong berbagi informasi dan pengalaman yang kami punyai kepada khalayak ramai karena kami sendiri sering kali terbantu oleh blog-blog lainnya ketika membutuhkan sebuah informasi, itung-itung sebagai ajang berbalas budi lah.

Contohnya ketika pertama kali mau beli buku di bookdepository.com, kami baca-baca blog review dari pembeli Indonesia nya. Dan sebagai ucapan terima kasih, kami menulis review dan membagi tips n trik ketika beli buku di bookdepository.com. Begitu juga dengan pengalaman kami sewaktu mengutus Sertifikat Kompetensi Dokter Umum.

Sotoy Review : Beli Buku di Bookdepository.com 
Review : Pengalaman Membuat Sertifikat Kompetensi Dokter Umum


Dan tahun kemaren, Saya (Ridho) sangat merasa terbantu dengan blog-blog pengalaman rekan-rekan awardee ketika mengarungi "Seleksi LPDP". Jadi dipertengahan tahun 2019 yang lalu, saya berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 setelah menjalani "dunia profesional" dunia lebih dari 6 tahun. Setelah menimbang dan menghitung berbagai faktor, akhirnya saya memutuskan untuk mengejar S2 dalam negeri dengan beasiswa LPDP Kementerian Keuangan yang sangat mahsyur tersebut.



Waktu yang saya punya dari selesai membulatkan tekad hingga pendaftaran Beasiswa LPDP dan Pendaftaran Kuliah bisa dibilang mepet sehingga persiapan syarat administrasi dan belajar buat test nya dilakukan dengan waktu yang singkat juga.

Alhamdulillah, hanya kerana izin Allah, Januari ini, saya sudah pegang kartu mahasiswa lagi dengan NIM 23219xxx dan dibayari oleh Kementerian Keuangan melalui beasiswa LPDP.😊

Nah, dengan waktu yang singkat di tahun kemaren itu, saya harus belajar untuk proses seleksi  LDPD dengan efektif dan efisien. Salah satunya caranya adalah dengan belajar dari pengalaman awardee-awardee sebelumnya yang mereka tulis di blog atau medium lainnya. Memang ada sedikit perbedaan dari seleksi LPDP dari tahun ke tahun, namun secara prinsip tidak ada yang berubah dari seleksi LPDP nya, apalagi dibagian interview, sehingga belajar dari pengalaman mereka sangatlah penting dan krusial.

Seleksi Beasiswa LPDP tahun 2019 secara umum terbagi 3 tahap, Seleksi Adminstrasi, Seleksi Berbasis Komputer, dan Seleksi Wawancara. Untuk belajar di ketiga seleksi tersebut sebenarnya gampang-gampang-susah-susah. Kalo kita cari di Google, ada puluhan "o", atau bahkan bisa ratusan, yang akan menautkan kita pada laman-lama sakti yang sangat membantu dan bermanfaat.

Sebagai rasa terima kasih saya kepada awardee LPDP yang telah berbagi pengalaman dan tips nya serta mungkin sedikit bantuan bagi pejuang beasiswa LPDP, dibawah ini saya urutkan blog-blog terbaik untuk belajar Seleksi LPDP yang saya  sendiri juga ikut merasa terbantu dari blog tersebut ketika berburu beasiswa LPDP kemaren.

1. Blog maryam-qanita.blogspot.com

Blog Mbak Maryam ini merupakan salah satu blog terbaik dan paling komprehensif tentang proses seleksi LPDP. Mulai dari tips buat nulis essay di syarat administrasi hingga pengalaman wawancaranya. Beliau menuliskan tips nya dengan detail dan mudah dimengerti. Saya belajar banyak dari blog beliau waktu tes kemaren. Mbak Maryam juga aktif menjawab pertanyaan di grup telegram Pejuang LPDP (@LPDPLN).

2. Blog arryrahmawan.net

Blog Pak Arry Rahmawan juga salah satu blog untuk belajar LPDP yang enak dan mudah dimengeri. Beliau dapat menjelaskan dan memberi tips n trik dengan sudut pandang seorang dosen. 

3. scholarsofficial.com

Saya kurang yakin apakah web scholarsofficial.com ini bisa dihitung sebagai blog atau web komersial. Yang pasti saya banyak belajar dari tulisan-tulisan scholarsofficial.com. Tulisan mereka tentang test LPDP sangat simple dan to-the-point seperti 2 tulisan ini.


Mereka juga punya chanel youtube dengan video yang cukup bagus dan representatif untuk belajar di proses test LPDP ini.

Untuk lulus dan dapat Beasiswa LPDP memang dibutuhkan energi yang besar untuk belajar dan mempersiapkan diri disemua tahap seleksinya, termasuk belajar dari blog-blog awardee LPDP sebelumnya. Namun satu yang pasti, untuk mendapat beasiswa LDPD itu yang dibutuhkan adalah ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang didapat melalui ridho orang tua dan keluarga, jadi jangan lupa minta restu Ibu Bapak ketika setiap proses tes LPDP ya gaess.

Barakallah...


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.