Sotoy Review: Indonesia Incorporated by Zaynur Ridwan

Maret 23, 2020
Indonesia Incorporated

My rating: 4 of 5 stars

Tidak banyak novel dengan genre berat ini dari penulis Indonesia setau saya, salah satunya ES ITO, yang pasti keahlian pak Zaynur Ridwan layak diapresiasi. Meskipun dirilis pada 2011 yang lalu, isu utama kerusakan lingkungan dan oligarki kekuasaan sangat relevan ketika dibaca di tahun 2020 ini. Alur cerita buku ini sebenarnya tidak terlalu rumit jika dibandingkan dengan novel sejenis, cerita tentang konflik salah satu keluarga terkaya di Indonesia ketika ditinggal Sang Ayah dimana kekayaan mereka didapat dari hasil ekploitasi hasil bumi Indonesia. Penerus keluarga dengan marga bule ini terpecah dan harus melawan muslihat dari orang kepercayaan mendiang Ayah. Saking sederhanya, diakhir cerita tidak disebutkan anak mana yang kalah atau menang dipetarungan perebutan warisan ini.

Ada juga tokoh Jendral yang tidak terlibat dalam pusaran konflik tingkat tinggi sebelumnya, tapi sang jenderal berceramah panjang tentang krisi iklim dan lingkungan kepada seorang anak muda dengan gaya bicara  'paper' penelitian.

Beberapa hal yang sedikit membingungkan, sepanjang cerita Pak Zaynur menggunakan latar belakang keadaan nyata, seperti informasi tentang kerusakan alam, tetapi juga menggunakan latar keadaan yang tidak jelas antara fakta atau fiksi sebagai contoh "gempa aceh 2004 disebabkan oleh aktivitas senjata militer AS". Sayangnya Pak Zaynul tidak memberi informasi mana fakta dan mana yang belum terbukti fakta.

Hal yang kurang mengena lainnya dari novel ini adalah konflik si keluarga kaya ini. Sebagai keluarga yang mempengaruhi Indonesia di sisi ekonomi maupun politik, konflik mereka terlalu simple dan receh untuk mengorbankan banyak nyawa.

At the end, novel ini sangat menarik dan masih relevan dibaca 2020 ini atau tahun-tahun ke depan.

View all my reviews

kalau mau cari buku dengan genre seperti ini, bisa di beli lewat bookdepository.com loh gaes...


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.