Sotoy Review: Menerjang Batas by Estu Ernesto

Desember 19, 2020

 

Menerjang Batas
My rating: 5 of 5 stars

Ketika saya melihat kembali buku ini di lemari buku kami, kondisinya telah sedikit berdebu dan menguning. Pantas saja karena buku ini saya beli pada 2012 yang lalu dan ikut saya pindah ke dua kontrakan. 

Buku ini ditulis oleh Estu Ernesto dan merupakan bagian dari projek GO8 (Gabriel Omar Baskoro), sebuah universe yang diciptakan Andi Bachtiar Yusuf merambah buku, film, dan games. Sequel dari buku ini adalah Film Hari ini Pasti Menang oleh  Andi Bachtiar Yusuf 2012 yang lalu juga.

Menerjang Batas menceritakan masa kecil Gabriel yang berputar pada dunia sepak bola dengan bimbingan ayah tercinta serta kondisi Indonesia pada skena sepak bola dunia di universe itu. Hingga akhirnya GO8 bersama Tim Nasional Indonesia pada universe ini lolos kualifikasi hingga berlaga di Piala Dunia 2014. Selain tokoh rekaan, di universe yang dibangun dengan halus ini juga terdapat nama-nama yang nyata disepak bola Indonesia mulai dari para legenda seperti Rochi Putiray, Ricki Yakobi namun bermain pada klub rekaan. Ada juga nama Bambang Pamungkas, Cristian Gonzales, Ahmad Bustomi, dan Boas Salosa yang menjadi rekan satu tim G08 pada Piala Dunia 2014.

Yang pasti buku ini berdasarkan riset yang mendalam tentang sejarah sepak bola Indonesia dicampur dengan kegilaan fantasi penulis dan penggagas universe-nya. Penulisan pun sangat rapi, mudah dibaca, dan tidak bertele-tele menggunakan kata-kata "indi".

Melihat kondisi sepak bola Indonesia yang makin tidak jelas ini, sepertinya membaca kembali Menerjang Batas dan berhalusinasi bagaimana hebatnya sepakbola Indonesia di Universe ini dapat menjaga harapan kita pada sepak bola Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.