Tabung Listrik Plus-Plus

Januari 04, 2021

Tahun 2020 yang lalu, saya terbilang cukup produktif untuk iseng ikut webinar dan lomba menulis yang berhadiah. Topik lomba menulis yang saya ikuti juga beragam mulai dari tentang pandemi covid, dunia per-asn-an, dan energi. Hasilnya pun tetap sama seperti lomba-lomba yang pernah saya ikuti sebelumnya. Tidak Menang.


Namun ada satu lomba yang cukup berkesan bagi saya. Berkesan karena temanya dan hasil akhir tulisan saya di lomba tersebut. Lomba itu adalah "Energy, Sustainability & Society: Idemu untuk Negeri" oleh Direkorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM bekerja sama dengan Energy Academy Indonesia dalam rangka merayakan HUT RI dan Hari Listrik Nasional serta mendorong peningkatan literasi dan kepedulian generasi muda pada sektor energi, pembangunan berkelanjutan, dan tantangan di masyarakat saat ini.





Saya lupa syarat dan ketentuan lomba tersebut, ketika saya cek kembali website lomba ketika menulis tulisan ini, syarat dan ketentuannya sudah tidak ada. Yang pasti untuk syarat seingat saya adalah penulisis adalaha mahasiswa aktif S1 ataupun S2, Alhamdulillah saya eligible. hehehe. Terus harus posting iklan lomba ini dengan foto kece kita pakai twitbon yang disediakan. Postingan itu masih ada di IG saya juga. heheh. Syarat lainnya yang cukup tricky menurut saya adalah panjang essay yang ditulis maksimal hanya 2 halaman saja. 



Karena topiknya adalah energy, sustainability, dan society, pikiran saya langsung terbayang dengan salah satu upaya pemerintah untuk memberi akses listrik bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil yang tidak ada jaringan PLN dan hidup terpencar-pencar. Solusi yang diambil Kementerian ESDM untuk saudara-saudara tesebut adalah Tabung Listrik. Sederhanya Tabung Listrik adalah Power Bank ukuran besar yang diisi ulang dengan listrik dari tenaga surya.


Ketika saya menulis essay untuk lomba Energy, Sustainability & Society ini, belum ada detail dari bentuk maupun spesifikasi teknis dari Kementerian ESDM yang akan dibagaikan secara gratis kepada rakyat di Papua sana. Namun dalam beberapa dokumen Kementerian ESDM yang dapat diakses secara daring, Tabung Listrik yang akan dikembangkan tersebut akan mirip dengan Tabung Listrik yang telah dikembangkan oleh PLN maupun Pertamina. 


Akhrinya, di tulisan itu saya mengusulkan Tabung Listrik Plus Plus yang merupakan ide upgread dari Tabung Listrik yang ada. Jika Teman-teman tertarik dengan apa itu Tabung Listrik dan upgrade apa yang saya usulkan untuk Tabung Listrik Plus-Plus, teman-teman bisa download tulisan yang saya submit pada lomba tersebut di tautan berikut.


DOWNLOAD TALIS PLUS PLUS


Btw, Alhamdulillah, dengan tulisan itu saya masuk 20 besar dari 2457 pendaftar yang sedang studi di 294 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dan 25 perguruan tinggi di Luar Indonesia. dari 20 besar itu hanya 3 saja dari ITB dan saya salah satunya. Lumayan bisa dibanggakan lah ya.





Hatur Nuhun


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.