Running Race Review: Pocari Sweat Run Virtual 2020

September 24, 2020

Sepertinya saya tidak terlalu berjodoh dengan Pocari Sweat Run Bandung Marathon atau yang dikenal dengan PSBM. Ketika PSBM pertama kali di gelar pada Juli 2017, saya berkesempatan hadir dan mencicipi balap lari Full Marathon pertama di Kota Bandung tersebut. Alhamdulillah, dengan persiapan seadanya dan diselesa-sela tumpukan pekerjaan, saya berhasil finish dengan catatan waktu yang tidak jelek, masih dibawah 6 jam. Pengalaman saya di PSBM 2017 lalu juga sudah saya tulis disini dengan respon pembaca yang cukup baik, hehehe.




Baca: Running Race Review : Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2017

 

Karena pengalaman yang baik di 2017, saya kembali mendaftar untuk PSBM 2018 yang dilaksanakan pada bulan Juli sehabis lebaran juga. Alhamdulillah tiket FM berhasil diamankan dengan harga pendaftaran jauh lebih murah dengan harga normal Lomba Lari Full Marathon di Jakarta tahun itu. Semua persiapan telah diagendakan dengan mantab, termasuk booking hotel dua malam bersama istri tercinta. Qadarullah, seminggu sebelum PSBM, saya ditugaskan untuk mengikuti pelatihan wajib di Pelabuhan Ratu. Sebenarnya bisa saja saya tetap ke Bandung dan tetap lari Full Marathon di PSBM 2018 tersebut, tapi dengan kondisi fisik yang turun jauh serta transportasi yang susah, akhirnya saya membatalkan diri untuk berlari full marathon di minggu pagi tersebut.

 

Setelah gagal berlari full marathon di PSBM 2018, saya membulatkan tekad untuk bisa berlari di full marathon di PSBM 2019. Pendaftaran PSBM 2019 makin ketat dari tahun sebelumnya karena pamor baik PSBM yang semakin berkibar seantero nusantara. Alhamdulillah, saya kembali dari mengamankan tiket full marathon di PSBM 2019 begitu juga dengan hotel untuk saya dan istri menginap di Bandung. PSBM 2019 juga di gelar di bulan juli, dengan persiapan yang tidak terlalu baik, saya merasa sudah siap untuk berlari full marathon di Pocari Sweat Bandung Marathon 2019. Namun sebulan sebelum hari h perlombaan, kami mendapat kabar bahwa sepupu Dhila akan menikah di Bandar Lampung pada tanggal tersebut dan kami harus datang ke walimah tersebut. 2 kali dapat tiket full marathon di Pocari Sweat Bandung Marathon namun dua kali juga gagal berlari.

 

Tahun 2020 seperti akan menjadi tahun yang baik untuk pengalaman saya di Pocari Sweat Bandung Marathon.  Alhamdulillah, kami dapat rezeki untuk pindah ke Bandung selamat dua tahun untuk lanjutan pendidikan. Ketika pendaftaran Pocari Sweat Bandung Marathon 2020 di buka diawal tahun, saya telah memantapkan diri untuk Pocari Sweat Bandung Marathon 2020. Alhamdulillah tiket full marathon Pocari Sweat Bandung Marathon 2020 berhasil didapat meski persaingan untuk dapat tiket ini makin susuah, konon banyak calo yang memperjualbelikan tiket ini, ngeri. Namun makhluk kecil beranam Sars Cov-2 berhasil mengguncang dunia dan mengacaukan Indonesia sejak maret 2020 lalu hingga entah kapan, Pocari Sweat Bandung Marathon 2020 akhirnya dibatalkan demi keselamatan semua pihak. Panitia mempersilakan pendaftar untuk refund atau mendonasikan biaya pendaftarannya. Yang keren, meski kita memilih refund atau donasi, panitia Pocari Sweat Bandung Marathon 2020 tetap mebagikan jersey adidas untuk dipakai pada Pocari Sweat Bandung Marathon 2020 serta name tagnya. Pembagiannya langsung dikirim ke alamat masing-masing tanpa biaya tambahan. Keren sekali...

 

Ketika PSBB dilonggarkan oleh pemerintah dan aktivitas ekonomi mulai jalan kembali, sembari mengucapkan kata ajaib "dengan tetap menjalankan protokol kesehatan”, Pocari Sweat meluncurkan Pocari Swear Run Virutal 2020. Pocari Swear Run Virutal 2020 adalah lomba lari jarak 5K dan 10K dengan lintasan sesuka kita dan tanpa harus berkerumun. Kalo kata websitenya, Pocari Sweat Run VIRTUAL 2020 yang menghadirkan pengalaman event lari yang kamu rindukan secara virtual, mulai dari real time flag off ceremony, live streaming entertainment, hingga host-interaction. Kegiatan virtual run adalah aktivitas lari luar ruang atau dalam ruang yang bisa dilakukan dari lokasi dan rutenya Anda tentukan sendiri. Aktivitas yang dilakukan bisa dalam bentuk lari, jogging, atau menggunakan kursi roda bagi penyandang disabilitas. Lokasi aktivitas bisa di jalan raya, jalur trail, di taman sekitar rumah, di trek atletik atau bisa di treadmill jika Anda ingin berlari di dalam ruangan. Tapi waktu larinya hanya dua jam saja yaitu Minggu, 16 Agustus 2020 serentak di seluruh Indonesia pukul 06:00-08:00 WIB.  Kategori lari yang bisa diikuti yaitu 10K dan 5K dengan harga pendaftaran yang sama, 175k.

 

Karena tersanjung dengan kebaikan Pocari Sweat di Pocari Sweat Bandung Marathon 2020, saya membulatkan tekad untuk mendaftarkan diri pada ketegorik 5K saja karena track lari yang aman di lingkungan tempat tinggal kami sekarang baru segitu saja. Dan ternyata peminat Pocari Sweat Run Virtual 2020 ini sangat mengerikan. Dari awal Pocari Sweat Run sudah mengatakan hanya ada 4000 kuota saja untuk kedua kategori. ketika jadwal pendaftaran pertama dibuka, server pendafaran langsung down karenanya tingginya trafik masuk. Alhasil pendaftaran di tunda hingga dua hari setelahnya jam 17.00 sore. karena ada kegiatan pada saat tersebut, saya berpasrah saja melepaskan kesempatan tersebut. Pukul 16 lewat 30, saya sudah bisa kembali akses pc. Pas dicek, ternyata saya masih bisa daftar untuk kategori 5K, tanpa pikir panjang saya langsung bayar, konek aplikasi Strava ke aplikasi larinya Pocari Sweat Run Virtual yang digawangi oleh run.id, dan dapat notifikasi behasil. Lega. Ketika saya cek grup komunitas lari, ternyata banyak yg gagal daftar pada pukul 17 pas sebelumnya. 


 

Fasilitas yang dijanjikan oleh Pocari Sweat sebenarnya tidak terlalu wah untuk harga tersebut. Peserta akan dapat medali, masker kain tipis scuba, voucer premium joox sebulan, serta voucer 2 pocari sweat, dan 1 soyjoy di aplikasi alfachart. Voucer Joox dan Alfachart datang sebelum hari lari dan dapat dipakai pas lari. Jadi kita dapat tukar voucer Pocari sweat dan Soyjoynya sevelum lari dan dipakai pas lari. Di Aplikasi Joox, Pocari Sweat menyiarankan acara ini secara live dengan penampilan DJ serta interview beberapa atlet Pocari Sweat. Selama live event tersebut, Pocari Sweat juga bagi hadiah yang lumayan wah. 






Karena masih masa pandemi, hari itu saya hanya lari di track biasa di dekat rumah tapi tidak ikut dengerin live Joox yang memberatkan kerja hp kalo diputar. Pace lari pun sedikit diturunkan karena pake masker yang bikin HR tinggi. Catatan lari pun sudah tersinkron di Strava dengan baik. selesai sudah PSVR ini. Yang menarik, meski hanya disekitaran Antapani Tengah, saya bertemu dua pelari lainnya dengan Jersey Pocari Sweat Run Bandung Marathon 2020. Kemungkinan mereka juga ikut Pocari Sweat Run Virtual 2020 ini juga. 

 


Tiga minggu kemudian paket medali datang melalui jasa pengiriman yang bagus. Medalinya keren dan dikirim dalam box yang clasic juga. Dan ternyata juga ada e-certificatnya. 

 





Secara keseluruan Pocari Sweat Virtual Run 2020 sangat baik jika di banding virtual race lainnya dari segi hype, value for money, ketidakribetan. Semoga covid segera pergi dan Pocari Sweat Bandung Marathon 2021 bisa digelar. Kalo melihat kondisi hari ini sih kemungkinannya tipis.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.